Pit Viper (High Venom) Expert Only

Ini salah satu ular Venom (berbisa) impian saya :D mukanya sangar, mematikan, tapi cantik. Apalagi kalau dibuat untuk display terra. Wooww. Dan makannya tergolong "irit" sebulan sekali. otomatis pup sedikit dan jadwal pembersihan kandang juga semakin jarang  ^__^ Walaupun begitu, teteup SAFETY  FIRST ya! Jangan sampe nyawa melayang di tangan pet kita sendiri. saya sendiri masih mempersiapkan peralatan,obat dan ilmu sebelum memelihara ular ini, karena perlakuannya pasti berbeda dengan ular yg tdk berbisa.


Nama Latin:
Tropidolaemus wagleri/ Trimeresurus Wagleri
Nama Umum:
wagler's pit viper/temple viper
Daerah Asal:
Malaysia,Filipina,Indonesia (sumatra,kalimantan,sulawesi)
Habitat:
hutan hujan tropis
Tipe:
berbisa (venomous)
Karakteristik:
kalem,males
Waktu Berburu:
malam (nocturnal)
Mangsa:
kadal, cicak, burung, tikus

sumber : http://putra-snake.blogspot.com

Penanganan:
wagler membutuhkan kelembaban yang cukup, jadi harus sering2 di spray kurang lebih 3 hari sekali, ular ini juga tidak mau turun ke bawah untuk minum, jadi biasanya dia minum lewat air yang kita spray.
wagler memiliki karakteristik pendiam dan pemalas, tetapi jangan sampai lengah/ tergoda untuk menyentuh/ mengangkat tanpa alat bantu, karena ular ini bisa bergerak dan menggigit dengan sangat cepat bila merasa terganggu, ular ini sangat sensitif bila tersentuh di bagian ekor, bila tersentuh/ bagian ekornya terlepas dari pegangan ranting ular ini bisa sangat tidak tenang dan agresif.
ular ini termasuk hewan penyendiri, jadi jangan satukan beberapa ular dalam satu kandang.

Pemberian Pakan:
pemberian makan ideal untuk ular dewasa adalah 30hari sekali, sedangkan untuk ular ukuran sedang dan kecil pemberian makan dapat diberikan setiap 14 hari sekali,,,pemberian makan dalam jangka waktu 30hari sangat baik untuk wagler mengingat proses pencernaan pada ular ini sangat lambat dan membuthkan panas dan kelembaban yang cukup.

This entry was posted on Kamis, 02 Agustus 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Blogroll

Protected by Copyscape Web Copyright Protection Software

Popular Posts

Search This Blog